Ingin cari Jasa Arsitek dan Jasa Desain Rumah Idaman?

Selamat Datang di Home For You, Blog yang merupakan media pemasaran JasaArsitekJakarta.com.
Saat ini Kami hanya melayani jasa desain rumah di jakarta dan memiliki referensi kontraktor pilihan di Bali untuk mengerjakan project anda..

Jadi, Hubungi Kami Disini dan Segera Wujudkan Rumah Impian anda.

Untuk pemesanan desain silakan kirim e-mail dengan subject: Desain Rumah/ Villa ke info@jasaarsitekjakarta.com atau via CP Gus Pra CAll/ SMS / Whatsapp 081 222 437 888.

**perhatian: jika meninggalkan komentar mengenai permintaan jasa kami silakan tinggalkan alamat email yang valid atau no contact anda. terima kasih

Mar 20, 2011

Pro dan Kontra, Pemakaian Rangka Atap Baja Ringan

Contoh Pemakaian Baja Ringan pada Project Emporio

Rangka Atap Baja Ringan, tentunya teman-teman sudah pernah mendengarnya bukan? Kali ini saya akan membahas mengenai apa saja kelebihan maupun kekurangan penggunaan rangka atap baja ringan ini, dan kenapa kita sebaiknya menggunakan rangka atap baja ringan :)

Berbeda dengan baja konvensional, baja ringan merupakan baja mutu tinggi yang memiliki sifat ringan dan tipis, namun memiliki fungsi setara baja konvensional. Baja ringan ini termasuk jenis baja yang dibentuk setelah dingin (cold form steel). Rangka atap baja ringan diciptakan untuk memudahkan perakitan atap baja ringan dan konstruksi sipil. Meskipun tipis, baja ringan memiliki
derajat kekuatan tarik yang tinggi yaitu sekitar 550 MPa, sementara baja biasa sekitar 300 MPa. Kekuatan tarik dan tegangan untuk rangka atap ini untuk mengkompensasi bentuk atap baja yang tipis. Ketebalan baja ringan untuk atap ringan yang beredar sekarang ini berkisar dari 0,4mm - 1mm.
Perhitungan kuda-kuda rangka baja ringan dari jasa konstruksi amat berbeda dengan kayu, yakni cenderung lebih rapat. Semakin besar beban yang harus dipikul, jarak kuda-kuda semakin pendek. Misalnya untuk genteng dengan bobot 40 kg/m2 jarak kuda-kuda atap baja bisa dibuat setiap 1,4m. Sementara bila bobot genteng mencapai 75kg/m2, maka jarak kuda-kuda atap baja ringan menjadi 1,2m. Kenapa harus dipakai rangka atap baja ringan oleh jasa konstruksi?
Inilah kelebihan dan kekurangannya: (*sumber : serial rumah) 
Kelebihan: 
* Karena bobot rangka atap yang ringan menurut konstruksi sipil maka dibandingkan kayu, beban yang harus ditanggung oleh struktur di bawahnya lebih rendah (jadi lebih irit strukturnya) 
* Baja ringan bersifat tidak membesarkan api (non-combustible).
* Tidak bisa dimakan rayap (rayap gak doyan makan baja :) )
* Pemasangan rangka baja relatif lebih cepat apabila dibandingkan rangka kayu.
* Baja ringan nyaris tidak memiliki nilai muai dan susut, jadi tidak berubah karena panas dan dingin 

Kekurangannya : 
* Kerangka atap baja ringan tidak bisa diekspos seperti rangka kayu, sistem rangkanya yang berbentuk jaring kurang menarik bila tanpa penutup plafon. (kira-kira seperti pada arsitektur gaya Spanyol)
* Karena strukturnya yang seperti jaring ini maka bila ada salah satu bagian struktur yang salah hitung ia akan menyeret bagian lainnya maksudnya jika salah satu bagian kurang memenuhi syarat keamanan, maka kegagalan bisa terjadi secara keseluruhan (biasanya perhitungan strukturnya langsung dilakukan oleh structural engineer dari aplikatornya)
 * Rangka atap baja ringan tidak sefleksibel kayu yang dapat dipotong dan dibentuk berbagai profil. (makanya jarang digunakan pada bangunan tradisional...)

Demikian artikel mengenai Pemakaian Atap Baja Ringan ini, mudah-mudahan bermanfaat bagi anda semua, have a nice weekend :)

Sumber : http://kerockan.blogspot.com/2009/05/kelebihan-baja-ringan.html


Lihat Juga:
 
Pros and Cons: Use of Lightweight Steel Frame Roof
 
This time I will discuss about what are the advantages and disadvantages the use of lightweight steel roof truss, and why we should use a lightweight steel roof truss :)
Unlike conventional steel, mild steel is of high quality steel that has the properties of light and thin, but has a function equivalent to the conventional steel. This mild steel including steel type which is formed after the cold (cold form steel). Lightweight steel roof truss was created to facilitate the assembly of lightweight steel roofing and civil construction. Although thin, mild steel has a high degree of tensile strength of about 550 M Pa, while ordinary steel is about 300 M Pa. Tensile strength and stress for the roof truss is to compensate for the thin steel roof forms. The thickness of mild steel for the roof light in circulation right now ranges from 0.4 mm - 1mm.
Calculation of the horses of the light steel frame construction is very different from wood, which tend to be more tightly. The greater burden to be borne, the distance the horses getting shorter. For example, for tiles with a weight of 40 kg/m2 distance horses steel roof can be made every 1.4 m. Meanwhile, when the weight of tile reached 75kg/m2, the distance the horses lightweight steel roof to 1.2 m. Why should it be used by lightweight steel roof truss construction services?
This is the pros and cons: (* source: serial rumah)
The Pros:
* For a light weight roof truss according to the civil construction compared to wood, the burden to be borne by the underlying structure is lower (so more economical structure)
* Mild steel is not raising the fire (non-combustible).
* Cannot be eaten by termites (termites do not eat steel hooked :) )
* Installation of steel frame is relatively faster when compared to the wooden frame.
* Mild steel has almost no value expansion and shrinkage, so it does not change because of heat and cold

The Cons:
* Lightweight steel roof frame cannot be exposed, such as wood frame, the frame system is shaped nets cover less attractive when no ceiling. (Roughly as in Spanish-style architecture)
* Because the structure of such nets is then if there is one part of the structure that he miscounted would drag the rest of it mean if one of the less qualified security, then failure can occur as a whole (usually direct structure calculations performed by structural engineers from the applicant )
* Lightweight steel roof frames are not as flexible as wood that can be cut and shaped the various profiles. (Hence rarely used in traditional buildings ...)
That's it, our articles about the Use of Light Steel Roof frame, hopefully useful to you all, have a nice weekend :)

Source: http://kerockan.blogspot.com/2009/05/kelebihan-baja-ringan.html

See Also:
    * Want to see the latest designs? See Here or Here
    * Want to make a boarding-lodging house? see here
    * Want to see the design of the Villa? see here or here

    12 comments:

    1. Kayu lebih etnic, dan taste nya lebih terasa klo kita ingin tampilan arsitektural nya kelihatan. Tapi Baja memang sebuah pilihan yang baik jika punya pertimbangan lainnya. Nice info gan ..

      ReplyDelete
    2. Kunjungan rutin untuk sahabat..

      mantap juga mas kalau pake baja...

      tapi kekurangannya kalau jatuh 1 yang lain diseret juga, bahaya tu, he

      ReplyDelete
    3. Superb work at ceiling, that work told that the quality and durability of the ceiling. Nice piece of work.

      ReplyDelete
    4. @peluang usaha: sama2 gan, thx.. :)
      @manrengat: thx bro :)
      @liquid roof: I've seen your website and the work, that's quality and nice work too :)

      ReplyDelete
    5. Informasi pemakaian rangka atap rumah baja ringan sangat bermanfaat, thanks :D

      ReplyDelete
    6. ternyata menggunakan rangka atap baja lebih baik dari yang lainnnya, makasih infonya

      ReplyDelete
    7. Trima kasih mas atas info plus minus baja ringan
      untuk perawatan nya apakah sederhana dan mudah?
      trims

      http://kontraktorjakartablog.wordpress.com/
      http://kontraktorrumahkantordijakarta.blogspot.co.id/
      http://jasakontraktordijakartaselatan.blogspot.co.id/
      http://jasaarsitekturrumahdijakarta.blogspot.co.id/

      ReplyDelete
    8. Aslamu alaikum wr wb,,senang sekali saya bisa menulis dan berbagi kepada teman2 melalui room ini, sebelumnya dulu saya adalah seorang pengusaha dibidang data dan anak anaknya, ditengah tagihan utang yg menumpuk dan ditengah himpitan ekonomi seperti ini saya bertemu dengan seorang teman dan bercerita kepadanya, Alhamdulilah beliau memberikan saran kepada saya, dulu katanya dia juga seperti saya stelah bergabung dengan AKI ZYEH MAULANA hidupnya kembali sukses, awalnya saya ragu dan tidak percaya tapi setelah saya lihat pembuktian video AKI ZYEH MAULANA Di Website/situnya Saya pun langsug hubungi beliau dan Semua petunjuk AKI saya ikuti dan hanya 3 hari Astagfirullahallazim, Alhamdulilah Ternyata benar benar terbukti dan 5M yang saya minta benar benar ada di tangan saya, semua utang saya lunas dan sisanya buat modal usaha, kata kata beliau yang selalu sy ingat setiap manusia bisa menjadi kaya, hanya saja terkadang mereka tidak tahu atau salah jalan. Banyak orang menganggap bahwa miskin dan kaya merupakan bagian dari takdir dari Tuhan. Takdir macam apa? Tuhan tidak akan memberikan takdir yang buruk terhadap kita, semua cobaan yang Tuhan berikan merupakan pembuktian seberapa kuat Anda bertahan di dalamnya. Tuhan tidak akan merubah nasib Anda jika Anda tidak berusaha untuk merubahnya. Dan satu hal yang perlu Anda ingat, “Jika Anda terlahir miskin itu bukan salah siapapun, namun jika Anda mati miskin itu merupakan salah Anda.” sy sangat berterimakasih banyak kepada AKI ZYEH MAULANA dan jika anda ingin seperti saya silahkan Telefon di 085298275599 Untuk yg di luar indon telefon di +6285298275599,Atau Lihat Di internet KLIK DISINI saya juga tidak lupa mengucap syukur kepada ALLAH karna melalui AKI ZYEH MAULANA saya Bisa sukses. Jadi kawan2 yg dalam kesusahan jg pernah putus asah, kalau sudah waktunya tuhan pasti kasi jalan asal anda mau berusaha, AKI ZYEH MAULANA Banyah Dikenal Oleh Kalangan Pejabat, Pengusaha Dan Artis Ternama Karna Beliau adalah guru spiritual terkenal di indonesia.

      PESUGIHAN MENGUNAKAN MINYAK GHAIB

      PENARIKAN UANG MENGGUNAKAN MUSTIKA

      ReplyDelete